Ada Batas Maksimal Pakai Headset Agar Tidak Merusak Telinga

Kebanyakan orang yang memakai headset dengan  tujuan untuk  memutar musik  yang semua orang suka.biasanya orang -orang memakai headset saat melakukan perjalanan perjalanan di transportasi umum, saat berolahraga, atau bahkan saat berkendara ke tempat kerja.”Nah kalau kita pakai headset otomatis kita mendengar lebih tinggi dari itu kan, supaya suara dari headset bisa terdengar

Namun, baru-baru ini tengah heboh soal larangan mendengarkan musik saat mengendarai kendaraan. Pasalnya hal itu dianggap mengganggu konsentrasi, terlebih dari sisi kesehatan akan menyebabkan gangguan pendengaran. Lantas, berapa lama batas maksimal pakai headset?

Menurut dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, yakni dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes, apabila dilihat dari tingkat kebisingan dalam dB atau desibel, misal saat macet, ada suara klakson, mesin, dan sebagainya itu bisa mencapai sekitar 85 dB.

Sementara, imbuh dr Linda, kemampuan headset dalam mengeluarkan suara itu bisa mencapai sekitar 120 dB. Dan rupanya telinga kita untuk suara setinggi itu hanya sanggup kontak selama sekitar 12 menit dalam satu minggu.

“Artinya dalam 1 hari saraf telinga kita hanya sanggup menerima sekitar kurang dari 2 menit saja.

Dikatakan dr Linda, jadi tentang batas pemakaian headset, ada literatur yang menyebutkan ratio 60 : 60. Artinya pemakaian tidak lebih dari 60 persen volume suara dan tidak lebih dari 60 menit setiap pemakaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*