Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Buah Anggur

Buah Anggur adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang istimewa. Kadar gula yang tinggi memberikan rasa manis alami buah anggur.Seperti halnya buah lainnya, buah anggur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.Selain itu juga buah anggur bermanfaat untuk ibu hamil.Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah anggur  dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan membantu perkembangan janin yang dikandungnya.buah anggur

Buah anggur sangat kaya nutrisi, sehingga ia sangat baik dimakan ibu hamil. Anggur memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, antioksidan, vitamin B1, beta karoten, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan asam folat. Segala kandungan nutrisi tersebut sangat menunjang kesehatan si ibu hamil, serta tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Apa saja sih manfaat serta khasiat buah anggur bagi ibu hamil?

Anggur salah satu buah yang baik untuk ibu hamil

Menunjang Pembentukan Otak Janin
Salah satu manfaat buah anggur yang baik bagi ibu hamil adalah sebagai penunjang pembentukan otak janin. Kandungan asam folat dalam buah anggur bermanfaat bayi ibu dan janinnya. Manfaat tersebut diantaranya ialah membantu pembentukan syaraf dan otak janin, memperkuat gigi dan tulang pada ibu hamil dan buah hatinya dan bisa juga mengurangi risiko cacat bayi saat lahir.

Membantu Sistem Pencernaan
Kandungan magnesium di dalam buah anggur terbukti bisa melancarkan sistem pencernaan. Kandungan seratnya juga bisa membuang sisa makanan yang berada di dalam usus. Sehingga usus ibu hamil menjadi lebih bersih dari kotoran yang tidak diperlukan oleh tubuh. Jika ibu hamil mengidap gangguan lambung, maka harus menghindari konsumsi buah anggur bersama kulitnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Konsumsi buah anggur bisa dengan menyantapnya langsung atau membuatnya menjadi minuman jus yang nikmat. Buah anggur ini sangat ampuh dalam meningkatkan kinerja ginjal dan membantu pembersihan hati. Secara alami buah anggur memiliki sifat alkaline forming. Sifat buah anggur ini terkandung dalam cairannya yang melimpah. Cairan ini sangat ampuh dalam membersihkan timbunan racun dan lemak jahat di dalam pembuluh darah. Kemampuan ini bisa menghindari ibu hamil mengalami penyempitan pembuluh darah.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan enzim bisa meningkatkan fungsi empedu dalam meningkatkan efisiensi perubahan lemak. Perubahan ini meningkatkan produksi asam empedu yang akan dibuang dari tubuh. Hal ini bisa mencegah peningkatan volume lemak darah. Jadi bila ibu hamil mengidap hipertensi dengan kadar kolesterol tinggi, maka sangat disarankan mengonsumsi buah anggur.

Selain kaya kandungan nutrisi, sayangnya buah anggur juga mengandung resveratrol yang bisa bersifat racun dan membahayakan kehamilan. Zat racun ini terkandung di dalam kulit anggur yang biasanya memiliki warna gelap. Oleh karenanya buah anggur yang memiliki warna kulit merah dan hitam, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Buah anggur juga terasa sangat asam sehingga bisa memicu muntah, mual, perut begah dan perut kembung.

Buah anggur juga dapat memacu diare dan kondisi ini tentunya berbahaya bagi kesehatan ibu hamil. Karena ketika menderita diare, maka cairan dalam tubuh akan menurun jumlahnya dengan drastis. Kondisi tersebut akan berefek pada janin yang akan juga mengalami dehidrasi. Ibu hamil serta janin bisa lemas.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*