Beberapa Tips Memilih Green Coffee

Green Coffee, Sudah tak asing lagi ditelinga kita apa itu green coffee, yaitu coffee yang belum melalui proses sangria atau dipanggang. Tetapi apakah kalian tau sebenarnya kopi apa yang dimaksut tersebut. Yang mungkin tidak semua pencari green coffee tau kopi tersebut, adalah kopi Arabika yang dimana kopi tersebut bias dikatakan varietas kopi termahal dikelasnya seperti robusta dan excelsa. Kopi arabika saat ini menjadi beberapa level yang sudah masuk dalam specialty grade coffee dan memiliki poin yang lumayan tinggi. Selain diburu para pencari diet, kopi ini juga diburu para pecinta kopi. Karna selain untuk diet, kopi ini dipercaya bias untuk detoxifikasi tubuh, bahkan bias menjaga kulit dari kekeringan. Dan bagaimana cara memilih green coffee arabika yang baik, ? berikut ini beberapa tips yang bias membantu untuk menentukanya.

download
1. Ukuran Kopi, dari dulu telah banyak diketahui adanya mitos bahwa semakin besar ukuran kopi maka kualitas semakin baik, padahal sebenarnya fakta tidak menjawab seperti itu,. Ukuran kopi itu tergantung dari varietas kopi yang dihasilkanVarietas seperti Ateng Super ataupun Typica dan tim tim yang telah diketahui memiliki ukuran biji yang besar. Yang terpenting dalam memilih ukuran kopi adalah memiliki keseragaman ukuran.
2. Homogen, yang dimaksut homogeny adalah memiliki keseragaman bentuk dan warna pada keseluruhan kopi tersebut. Dan homogeny pada kopi yang dimaksut adalah berasal dari satu daerah.
3. Defect, yang dimaksut adalah presentase biji yang rusak seperti pecah, bolong dan berwana coklat atau hitam, terbelah dua dan berbentuk kuku kambing dll, disini kita harus jeli memilih gopi yang berkualitas baik dengan memperhitungkan prosentase tersebut dengan toleransi total defact tidak lebih dari 4% dari 100%.
4. Sering juga terjadi mitos bahwa green bean yang baik adalah yang berwarna hijau cerah, sedangkan green bean yang berwarna kekuningan itu jelek. Tidak seperti itu. Warna pada green bean berkaitan dengan cara pencucian kopi tersebut. Umumnya, green bean yang berwarna hijau cerah itu di cuci dengan metode Sewi Wash (Semi Wet Process), dan yang berwarna kekuningan itu dicuci dengan metode Full Wash (Full Wet Process).
Setiap daerah penghasil kopi memiliki metode tersendiri terhadap pencucian green bean. Mereka tau metode apa yang terbaik untuk mencuci green bean mereka agar menghasilkan roasted bean berkualitas tinggi.
Kesimpulan nya adalah, warna kuning atau hijau pada green bean tidak menjadi acuan. Yang harus dihindari adalah green bean yang berkerut dan berwarna keputihan. Itu tandanya green bean tersebut berasal dari buah yang masih mentah. Jika diroasting akan berwarna coklat muda, tidak bisa menjadi hitam, dan menimbulkan rasa sepat atau tidak enak pada kopi.
Berikut adalah beberapa tips untuk memilih kopi yang tepat menurut saya. Terima kasih

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*