Belum Banyak Yang Mengetahui, Inilah Manfaat Yang Didapat Dari Buah Ciplukan

Belum banyak yang mengetahui tentang manfaat buah ciplukan yang bagus untuk kesehatan. Namun baru baru ini buah ini sedang popler mebuat orang penasaran dan mencari tahu tentang manfaat buah ciplukan. Untuk itu buat anda yang tidak mengetahui tentang manfaat buah ciplukan ini, admin akan memberikan informasi mengenai manfaat buah ini.

Ceplukan atau Ciplukan adalah sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan  berbagai nama daerah seperti cecenet atau cecendet (sunda), nyurnyuran (Madura), dan kopok-kopokan (Bali). Tumbuhan ciplukan merupakan salah satu tumbuhan yang liar yang bentuknya berupa semak atau perdu yang posisinya lebih rendah. Ciplukan merupakan tanaman asli Amerika yang kini telah menyebar di daerah tropis seluruh dunia. Ciplukan biasa tumbuh di ketinggian antara 1-1550 m dpl.

Daun ceplukan telah digunakan secara tradisional sebagai teh atau jus untuk berbagai keluhan kesehatan, termasuk gangguan pada organ kewanitaan, masalah liver, reumatik, penyakit kulit, dermatitis, dan infeksi postpartum. Saat ini ceplukan masih digunakan untuk pengobatan herbal di seluruh Amerika Selatan.

Kandungan Zat Yang Terdapat Dalam Tanaman Ciplukan

Dalam tanaman ciplukan mengandung senyawa-senyawa aktif saponin, flavonoid, folifenol dan fisalin.  Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman adalah sebagai berikut :

Herba  : Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A
Biji       : 12-25% protein, 15-40% minyak lemak denagn komponen utama asam palmitat dan asam stearat.
Akar    : Alkaloid
Daun    : Glikosida Flavonoid (luteilin)
Tunas  : Flavonoid dan Saponin.

Khasiat Dan Manfaat Ciplukan

Mencegah Penyakit Dengan Buah Ciplokan – Apa saja manfaat dan khasiat dari tanaman ciplukan? Di bawah ini khasiat dan manfaatnya :

Mencegah Kanker

Buah ceplukan memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan bermanfaat sebagai pembuatan suplemen gizi yang berguna untuk mencegah penyakit kronis tertentu dan beberapa jenis kanker. Zat karotenid dan senyawa polifenol dalam buah ini juga dapat menetralisir zat perusak yang mengubah sel sehat menjadi kanker. Penelitian telah membuktikan polifenol dapat mencegah penyebaran berbagai jenis kanker.

Teman Diet

Sebagai makanan yang rendah kalori (53 kalori per 100 gram), buah ceplukan memberikan nutrisi harian Anda, namun tidak memberikan asupan lemak negatif atau kalori ke dalam tubuh. Buah ceplukan menjadi makanan alternatif yang tepat bagi Anda yang tengah berdiet.

Menurunkan Kolesterol

Sejumlah orang beranggapan lemak tidak baik untuk tubuh, namun nyatanya tubuh memerlukan berbagai macam asam lemak untuk aktivitas di dalam tubuh. Asam oleat dan linoleat yang terkandung dalam buah ceplukan dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menyeimbangkan jumlah kolesterol yang menjadikan jantung tetap sehat.

Mencegah Timbulnya Sel Kanker

Withanolide merupakan senyawa yang cukup langka seperti terkandung di dalam ginseng. Buah ciplukan juga ternyata mengandung senyawa tersebut. Senyawa itu dapat menjadi antioksidan yang kuat, mencegah opototis (sel mati otomatis) dan memperlambat atau bahkan mencegah sel kanker di dalam tubuh.

Mengatur Kadar Gula

Beberapa senyawa dalam buah ceplukan dapat memperlambat dan mengurangi asupan gula berlebihan dari karbohidrat. Senyawa tersebut dapat mengatur jumlah gula darah yang masuk dan mengatur reseptor insulin dengan baik. Dengan begitu, buah ini menjadi metode pencegahan yang efektif dan pengobatan untuk menyembuhkan diabetes tipe II.

Menyehatkan Hati dan Ginjal

Buah ceplukan dapat membantu menghilangkan racun dengan merangsang buang air kecil dan mengurangi lemak, garam, dan racun berlebihan  dari tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tingkat vitamin C di dalam satu buah ceplukan yang berjumlah 15% dari asupan harian yang direkomendasikan membuat buah ini penting bagi tubuh seseorang. Vitamin C (asam askorbat) merangsang produksi sel darah putih dan juga menjadi antioksidan. Vitamin C merupakan salah satu komponen penting dalam produksi kalogen yang berguna memperbaiki dan menghasilkan sel, jaringan, organ dan pembuluh darah.

Menyehatkan Mata

Kandungan karotenid yang tinggi dalam buah ciplukan dapat meningkatkan kesehatan mata seseorang. Karotenid menghilangkan beban stres oksidatif pada mata, mencegah perkembangan katarak, dan memperlambat timbulnya degenarsi macula sehingga menjaga mata tetap sehat.

Cipl

Adapun manfaat lain dari tanaman ceplukan yaitu akarnya bisa digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah ciplukan sendiri sering dimakan; untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning.

Setelah membaca artikel diatas, kita bisa mencoba untuk mencegah penyakit dengan buah ciplukan yang dapat ditemui di tanah agak lembab dan disela-sela tanaman pokok.

Itulah beberpa manfaat dari buah ciplukan yang belum banayak diketahui

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*