Konsumsi 1 Apel Sehari Bisa Tekan Risiko Kematian 35 Persen

Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari ternyata bisa memperbesar peluang hidup Anda. karena penelitian kesehatan terbaru dari Perth mendapati kebiasan positif ini mampu menurunkan risiko kematian sebanyak 35 persen dari sekelompok perempuan yang mereka teliti lebih dari satu 1,5 dekade.
Sekelompok wanita yang berjumlah 1.456 orang berusia 70 tahun hingga 85 diminta secara rutin berpartisipasi mengisi kuesioner mengenai buah sehat yang mereka makan oleh sebuah tim peneliti dari Fakultas Kedokteran dan Farmasi Universitas Western Australia (UWA).manfaat apel
Mereka mendapati perempuan yang memakan satu buah apel setiap hari, memiliki 35% risiko lebih rendah meninggal dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah apel sama sekali.
Dr Jonathan Hodgson mengatakan timnya meneliti buah apel karena ini merupakan salah satu buah yang paling umum dikonsumsi, selain pisang dan jeruk.
“Mereka juga menyediakan kontribusi yang signifikan pada sejumlah faktor bahan makanan yang diduga penting bagi kesehatan – misal kandungan serat, flavonoids dan vitamin seperti vitamin C, potassium dan magnesium,” kata Dr Hodgson.
Flavonoids merupakan zat gizi yang ditemukan di kulit apel sementara kandungan serat terdapat pada daging buah apel segar.
Dr Hodgson mengatakan ditemukan juga kaitan antara perempuan yang mengkonsumsi buah secara rutin secara keseluruhan memiliki gaya hidup yang sehat juga.
“Kita berusaha untuk menghitung faktor kebiasaan hidup sehat seperti itu juga,”
“Ada kemungkinan elemen yang tidak hanya berasal dari komponen apel saja yang berkontribusi pada penurunan resik kematian itu, tapi juga mengkonsumsi apel terkait dengan gaya hidup yang sehat pada umumnya.
Sementara temuan ini difokuskan pada buah apel, ada juga bukti yang menunjukan kalau mengkonsumsi buah-buahan apa saja dapat juga mengakibatkan kondisi kesehatan yang lebih baik.
Temuan ini mendukung anjuran pedoman pola makan Australua yang menyarankan agar warga Australia mengkonsumsi dua jenis buah dan 5 jenis sayuran setiap hari.
“Kita juga menemukan kalau buah-buahan lain juga berkaitan dengan menurunnya resiko kematian dari penyakit kardiovaskuler atau kanker,” kata Dr Hodgson.
“Pisang juga dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit kardiovaskuler,”
“Jadi saya akan menyarankan orang mengkonsumsi apel dan juga buah-buahan lainnya,”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*