Manfaat Zat Besi Untuk Membantu Program Diet

Dalam program diet kebanyakan orang hanya terfokus pada karbohidrat, lemak, protein dan serat saja padahal zat besi juga memiliki peran yang penting dalam keberhasilan program diet. Sayangnya masih banyak yang belum mengetahui manfaat zat besi untuk membantu program diet. Zat besi sendiri termasuk komponen penting dalam pembentukan hemoglobin yang berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh. Kurangnya kandungan zat besi dalam tubuh akan berdampak dengan berkurangnya asupan oksigen sehingga tubuh menjadi mudah lemas dan tidak memiliki tenaga.

Oleh karena itu sangat bagi kita untuk memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh kita menjadi lebih bertenaga. Ada beberapa manfaat zat besi untuk membantu program diet anda salah satunya adalah membantu agar kondisi tubuh tetap fit dan bertenaga pada saja melakukan aktifitas olahraga yang termasuk dalam program diet. Dengan berolahraga maka berat badan menjadi lebih cepat turun karena olahraga dapat membakar lemak dan kalori yang terkandung dalam tubuh. Karenanya dalam setiap program diet pasti selalu memasukan olahraga dalam daftar program diet. Anda tentu bisa membayangkan jika tubuh kekurangan zat besi sehingga tidak bertenaga maka akan sulit untuk melakukan aktifitas olahraga dengan maksimal. Selain itu zat besi juga merupakan zat yang digunakan untuk proses pembakaran kalori dan juga lemak di dalam tubuh.

Melihat manfaat zat besi untuk membantu program diet maka sudah sewajarnya anda memenuhi asupan zat besi saat menjalankan program diet dengan mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber zat besi. Untuk memenuhi asupan zat besi tersebut anda bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan sepeti daging merah, kacang merah, kacang mede, hazelnut, wijen, paprika dan bayam yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Tetapi jangan sampai terlalu berlebih dalam memenuhi asupan zat gizi dan asupan zat gizi yang ideal kurang lebih 18 mg setiap harinya untuk wanita yang berusia 19 sampai 50 tahun. Wanita memang lebih membutuhkan banyak asupan zat besi dibanding pria.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*