Permasalahan Saat Gusi Berdarah Jangan Lewatkan Gosok Gigi

Menjadi masalah ketika gusi  berdarah  gigi dan mulut yang dialami semua orang. mungkin terlalu kasar menyikat gigi,tumpukan plak ,infeksi, dan lainya .terkadang mengganggu  menyebabkan orang malas sikat gigi.

Namun, ternyata hal itu justru tidak dianjurkan. Dokter spesialis Ortodonti sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Nada Ismah menjelaskan, saat gusi berdarah kita justru tak boleh melewatkan sikat gigi.

Apa alasannya? “Yang salah adalah kalau gusi berdarah kemudian tidak mau disikat karena berdarah,” kata Nada beberapa waktu lalu di Jakarta. Kondisi gusi yang berdarah menurutnya bisa menjadi salah satu tanda terjadinya peradangan gusi akibat bakteri. Plak yang menempel pada gigi justru harus dibersihkan dengan sikat gigi.

Penggunaan siwak atau pasta gigi me ngandung siwak menurutnya sangat dianjurkan. Sebab, salah satu manfaat siwak adalah memiliki antiinflamasi. “Jadi kalau berdarah bukan tidak disikat, justru disikat,” tuturnya.

Kondisi tersebut akan menimbulkan penumpukan plak. Sedangkan plak yang dibiarkan lama akan memunculkan karang gigi. Karang gigi tak bisa dibersihkan dengan sikat gigi biasa, melainkan harus melalui tindakan scalling oleh dokter gigi.

Dengan menghindari kondisi tersebut, maka kita juga bisa menghindari terjadinya peradangan gigi. “Jika peradangan dihindarkan, kita juga bis menghindari kehilangan gigi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*